PDCA dalam SMK3 Perusahaan Konstruksi/ Manufacture

PDCA dalam SMK3

Picture Source Pixabay 

Sistem Manajemen K3 / OHSAS 18001:2007

PDCA dalam SMK3 akan selalu dijalankan ketika organisasi menjalankan SMK3, organisasi harus memiliki komitmen untuk menjaga dan  meningkatkan  Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan menerapkan Sistem Manajemen K3 yang berprinsip pada Peningkatan dan Perbaikan  berkelanjutan.  Dalam  menerapkan  Sistem  Manajemen  K3  tersebut, perusahaan  mengacu pada standard sistem manajemen K3 OHSAS 18001 :2007

Kebijakan dan Kepemimpinan SMK3

Manajemen  K3  dimulai  dengan  menetapkan  kebijakan  yang  menjadi  landasan strategis untuk penerapan K3 dalam perusahaan. Kebijakan ini ditandatangani oleh pimpinan  tertinggi  dalam  perusahaan  yang  menunjukkan  komitmen  manajemen terhadap K3. Kebijakan SMK3 ini harus ditandatangani oleh Top Management dan selanjutnya akan disosialisasikan kepada semua karyawan dalam organisasi, semua supplier atau rekanan yang masuk kedalam lingkup implementasi SMK3 Organisasi, Kebijakan ini harus dijalankan oleh semua karyawan tanpa terkecuali.

PLAN – Perencanaan SMK3 

Setelah  menetapkan  kebijakan,  disusun  rencana  penerapan  sistem  manajemen berdasarkan  potensi bahaya         atau risiko yang ada dalam kegiatan perusahaan. Identifikasi  bahaya,  penilaian  dan  rencana  pengendalian  risiko  juga  didasarkan kepada   persyaratan  perundangan  yang  berlaku  khususnya  di  lingkungan  jasa konstruksi/ Manufacture . Berdasarkan hasil tersebut, disusun sasaran dan program kerja K3 untuk mengendalikan semua potensi risiko yang ada. Perencanaan ini meliputi Identifikasi bahaya dan Resiko, Peraturan perundangann terkait dengan K3, dan Program Manajemen K3, yang berisi target dan rencana aksi untuk mencapai target organisasi.

Do – Penerapan dan Operasional SMK3

Berdasarkan sasaran dan program kerja dilaksanakan berbagai elemen kegiatan seperti  pelatihan, komunikasi, dokumentasi, pengendalian dokumen, pengendalian operasi,  tanggap  darurat  dan  lainnya  sesuai  dengan  kebutuhan organisasi atau tuntutan pelanggan. operasional ini adalah berisi semua pelaksanaan dari SMM yang sudah dibangun, misalnya penanganan kecelakaan kerja, investigasi kecelakaan, LOTO, Penaganan bahan B3, Bekerja pada ketinggian, Ijin Kerja, dsb

 

Check – Pengukuran dan Pemantauan SMK3

Hasil penerapan K3 tersebut diukur dan dipantau secara berkala untuk memastikan bahwa sistem manajemen K3 berjalan sebagaimana yang diharapkan. pemantauan ini terdiri dari monitoring baik monitoring laporan kecelakaan kerja maupun monitoring alat ukur yang terkait K3 serta monitoring peraturan perundangan yang berlaku, selain itu yang masuk dalam fase monitoring ini adalah internal audit SMK3 yang diselenggarakan secara periodic.

 

Act – Tinjauan Manajemen SMK3

Secara  berkala  dilakukan  tinjauan  manajemen  oleh  manajemen  puncak  untuk memastikan bahwa sistem manajemen telah berjalan baik sesuai harapan, dan jika perlu   segera  dilakukan  tindakan  koreksi  atau  perbaikan  menuju  peningkatan berkelanjutan.

 

Demikian sedikit penjelasan mengenai PDCA dalam SMK3, Semoga Bermanfaat

untuk training,  Konsultasi dan sertifikasi SMK3 Hub Kami HP/SMS/ WA 0812 10 9 10 329

email : budi_wibowo_bb@yahoo.com